Pilwabup Lampung Utara, LSM GMBI Ingatkan Legislatif dan Eksekutif Lampung Utara

Pilwabup Lampung Utara, LSM GMBI Ingatkan Legislatif  dan Eksekutif Lampung Utara
Dok Foto, Pemda Lampung Utara

LAMPUNG UTARA - Senin 23/08/2021, Dalam menanggapi isu yg telah berkembang tentang kekosongan Wakil Bupati Lampung Utara, Lembaga Swadaya Masyarakat, Gerakan Masyarakat Bawah Indonesi, (LSM GMBI) Distrik Lampung Utara, coba mengingatkan kembali untuk beberapa hal yang sudah dilakukan Eksekutif maupun Legislatif.

Diantaranya : 1. Gubernur Lampung telah mengintruksikan langsung dan memberikan waktu satu minggu untuk segera mengisi kekosongan Wakil Bupati Lampung Utara.

2. Bupati telah memanggil partai pengusung.

3. Pemerintah Daerah telah menganggarkan 5, 5 milyar dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021. 4. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Utara melalui panitia khusus (Pansus) telah membahas perubahan Tatib DPRD Lampung Utara.

5. Partai pengusung menunggu kepastian perubahan Tatib dan waktu pelaksanaan.

"Menurut hemat GMBI hal diatas telah sesuai dengan Undang Undang UU lebih spesifik berdasarkan UU Pilkada nomor 10 tahun 2016. Pasal 176 ayat 1, 2 dan ayat 4.

Pasal 176 dalam :Ayat (1) dijelaskan bahwa dalam hal Wakil Gubernur, Wakil Bupati dan Wakil Walikota berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri, atau diberhentikan, pengisian Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Walikota dilakukan melalui mekanisme pemilihan oleh DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten/Kota berdasarkan usulan dari partai politik atau gabungan partai politik pengusung.

Ayat (2) dijelaskan bahwa Partai Politik atau gabungan Partai Politik pengusung mengusulkan dua orang calon Wakil Gubernur, Wakil Bupati dan Wakil Walikota kepada DPRD melalui Gubernur, Bupati atau Walikota untuk dipilih dalam Rapat Paripurna DPRD. 

Ayat (4) dijelaskan bahwa pengisian kekosongan jabatan Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Walikota dilakukan jika sisa masa jabatannya lebih dari 18 bulan terhitung sejak kosongnya jabatan tersebut. 

" Selanjutnya Gubernur Lampung telah menginstruksikan langsung kepada Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, untuk segera melaksanakan serta mengisi kekosongan Wakil Bupati Lampung Utara.

"Dia mengakui (Budi Utomo) jika Wakil Bupati memang harus ada mengingat begitu banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan untuk membawa Kabupaten Lampung Utara menjadi lebih baik.

"Hal itu diungkapkan (Budi Utomo) pasca dilantik menjadi Bupati Lampung Utara, pada Selasa 3/11/2020, saat pelantikan yang dilakukan Gubernur Lampung di Balai Keratun, kompleks kantor pemerintah provinsi Lampung. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendagri nomor 131.18-3766 Tahun 2020.

"Selanjutnya, Pemerintah Daerah Lampung Utara telah melaksanakan langkah-langkah seperti bertemu dengan partai koalisi dan telah menganggarkan dalam APBD Tahun 2021, Lebih lanjut DPRD pun telah membahas Tatib.

"Maka kami melihat semua instrument seperti Bupati, DPRD, Partai pengusung sama-sama sudah bekerja untuk melaksanakan perintah Undang-Undang serta Instruksi Gubernur untuk mengisi kekosongan Wakil Bupati. Tapi faktanya sampai saat ini Wakil Bupati Lampung Utara belum terisi.

"Menurut GMBI waktu Bulan November 2020 hingga Agustus 2021, waktu Sembilan Bulan adalah waktu yang cukup untuk mengubah Tatib dan melaksanakan sampai terpilihnya Wakil Bupati.

"Ditambah, melihat status QUO saat ini maka LSM GMBI, meminta semua pihak lebih serius dalam mengawal persoalan ini, terutama DPRD Lampung Utara agar segera mengesahkan perubahan Tatib DPRD Lampung Utara.

"Tentu semuanya bertujuan agar roda pemerintahan berjalan lebih cepat dalam rangka pemulihan keadaan Lampung Utara di segala bidang khususnya Bidang Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur. 

Pres Rilis: Humas LSM GMBI DISTRIK Lampung Utara, Rani Satria/Imau, (*).

Lampung Utara Lampung
Chandra Saputra

Chandra Saputra

Previous Article

Sosialisasi SE MENAG, KUA Abung Kunang Ukur...

Next Article

Ayoo, Santai Sejenak Dikedai Teteh Serli,...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 241

Postingan Tahun ini: 241

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 229

Postingan Tahun ini: 229

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 149

Postingan Tahun ini: 149

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 133

Postingan Tahun ini: 133

Registered: Jul 10, 2020

Profle

Nanang suryana saputra

Ramah Tamah Dengan Menteri BUMM, Bupati Simalungun Sampaikan Rencana Kerjasama Kelola Aset PTPN II dan III di Kota Turis Parapat
Polresta Banyuwangi Gelar Olah TKP di Heroes Cafe Pasca Penggerebekan Tarian Striptis
Polres Ciamis Polda Jabar Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Wilayah Kabupaten Ciamis dan Pangandaran.
Kasdim 0712/Tegal Dampingi Bupati Tegal Lounching Vaksinasi Anak Usia 6 sampai 11 tahun di Wilayah Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal

Follow Us

Recommended Posts

Hadir di Pelantikan Pengurus PII Pusat, Menteri PUPR: Harus Kerja Keras Selesaikan Tugas Negara
Polri Ungkap 2 Kasus Penghimpunan Dana Ilegal yang Rugikan Warga Hingga Triliunan
Ketua Umum DPP AJMII Ajak Awak Media Kawal Kasus Tindakan Kekerasan Terhadap Tiga  Wartawan di Bandung Barat
Kapolri: Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura tentang Pencegahan dan Pemberantasan Kejahatan Transnasional Makin Optimal
MK Putuskan Polisi Berhentikan Periksa Indentitas Orang Sesuai Konstitusional